YUKDOWNLOAD

Apa Itu?

Apa Itu Rubella? Gejala dan Cara Pencegahannya

12 Oktober 2018
17:13 WIB
Cetak Artikel  2 kali dilihat

Rubella atau campak Jerman adalah infeksi virus yang ditandai dengan ruam merah pada kulit. Rubella umumnya menyerang anak-anak dan remaja. Menurut data WHO, pada tahun 2016 di Indonesia terdapat lebih dari 800 kasus rubella yang sudah terkonfirmasi melalui pemeriksaan laboratorium.

Sindrom rubella kongenital dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi, seperti tuli, katarak, penyakit jantung bawaan, kerusakan otak, organ hati, serta paru-paru. Diabetes tipe 1, hipertiroidisme, hipotiroidisme, serta pembengkakan otak juga dapat berkembang pada anak yang terlahir dengan sindrom ini.

Gejala-gejala Rubella

Penderita rubella pada anak-anak cenderung mengalami gejala-gejala yang lebih ringan daripada penderita dewasa. Tetapi ada juga penderita rubella yang tidak mengalami gejala apa pun, namun tetap dapat menularkan virus rubella.

Penyakit rubella juga disebabkan oleh virus RNA beruntai tunggal yang berasal dari genus Rubivirus.

Virus ini juga hanya menyerang manusia yang kebanyakan berusia 3-10 tahun. Penyebarannya bisa melalui dua hal, yakni saluran napas dan transmisi vertikal (ditularkan dari ibu kepada janinnya).
 
Saat menginfeksi, virus akan masuk ke sel-sel tubuh dan menetap di sana. Dan suatu waktu, saat tubuh sedang dalam keadaan lemah, akan mungkin terjadi reaktivasi dari virus tadi.

Yang lebih ditakutkan, jika virus itu menyerang anak perempuan, ketika anak itu dewasa, menikah, dan hamil, dan ia tidak sadar memiliki virus rubella, secara otomatis ia akan menulari virus itu kepada si janin dan anaknya lahir dalam kondisi congenital rubella syndrome (sindrom rubella kongenital).

Oleh karenanya, pencegahan dengan memberikan vaksin rubella harus dilakukan sejak dini.

  • Penyakit ini umumnya membutuhkan waktu sekitar 14-21 hari sejak terjadi pajanan sampai menimbulkan gejala. Gejala-gejala umum rubella meliputi:
  • Demam.
  • Sakit kepala.
  • Hidung tersumbat atau pilek.
  • Tidak nafsu makan.
  • Mata merah.
  • Pembengkakan kelenjar limfa pada telinga dan leher.
  • Ruam berbentuk bintik-bintik kemerahan yang awalnya muncul di wajah lalu menyebar ke badan, tangan, dan kaki. Ruam ini umumnya berlangsung selama 1-3 hari.
  • Nyeri pada sendi, terutama pada penderita remaja wanita.

Begitu terinfeksi, virus akan menyebar ke seluruh tubuh dalam waktu 5 hari hingga 1 minggu. Potensi tertinggi penderita untuk menularkan rubella biasanya pada hari pertama sampai hari ke-5 setelah ruam muncul.

Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke dokter.

Jika Bayi Menderita Sindrom Rubella Kongenital

Dr. Toto menjelaskan, kalau si bayi hidup dan virus menyerang matanya, lensa matanya harus dioperasi dan diganti dengan kacamata, “Kebayang nggak bayi pakai kacamata? Kasihan sekali, kan?”

Nah, tidak sedikit juga yang mengalami gangguan fungsi hati, pendarahan, kelainan jantung, gangguan saraf (hidrasefalus), tuli, dan lain sebagainya.

Ini yang paling berat, terjadinya penyebaran vertikal dari ibu hamil ke bayinya.

Transmisi vertikal harus dicegah sedini mungkin.
 
Penyakit yang disebabkan virus hingga hari ini belum ada obat yang efektif untuk mengobatinya. Oleh karena itu, yang bisa kita lakukan adalah dengan mencegahnya menggunakan vaksin. (Ester Sondang)

Penyakit campak disebabkan oleh virus RNA - virus yang materi genetiknya berupa asam nukleat yang berbentuk rantai ganda berpilin - yang termasuk famili Paromyxavirus.

Virus ini hanya bisa menyerang manusia dan masuk ke tubuh manusia melalui saluran napas (penyebarannya lewat udara).

Virus ini mudah hinggap pada orang yang ketahanan tubuhnya sedang lemah, belum pernah terkena campak, dan belum pernah mendapatkan vaksin campak.

Biasanya setelah terpapar, selama 2-3 hari virus akan mengalami viremia primer, atau dari saluran napas, virus menyebar ke seluruh pembuluh darah dan menginfeksi tubuh.

Langkah Pencegahan Rubella

Pencegahan rubella yang paling efektif adalah dengan vaksinasi, terutama bagi wanita yang berencana untuk hamil. Sekitar 90 persen orang yang menerima vaksin ini akan terhindar dari rubella. Sejak adanya program vaksinasi, jumlah kasus rubella yang tercatat secara global berkurang secara signifikan.

Pemerintah kini sedang mengampanyekan pemberian vaksin MR menggantikan vaksin MMR. Vaksin MR ini memberikan perlindungan terhadap penyakit campak dan rubella. Sebelumnya, pencegahan rubella tergabung dalam vaksin kombinasi MMR yang juga mencegah campak dan gondong.

Pemberian vaksin MR direkomendasikan pada anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun, dan diberikan melalui suntikan pada jaringan lemak (subkutan) lengan atas. Vaksin MR ini diberikan pada usia 9 bulan, 18 bulan, dan saat anak duduk di bangku kelas 1 SD, yaitu sekitar usia 6 tahun.

Orang dewasa dan anak-anak yang hanya mendapatkan satu kali suntikan vaksin MMR, dapat mendapatkan vaksin MR pada usia berapa pun. Apabila Anak sudah pernah mendapat vaksin MMR, vaksin MR ini juga boleh diberikan.

Wanita yang merencanakan kehamilan juga dianjurkan memeriksakan diri melalui tes darah. Jika hasil tes menunjukkan bahwa seorang wanita belum memiliki kekebalan terhadap rubella, dokter akan menganjurkannya untuk menerima vaksin MR. Setelah itu, dia harus menunggu minimal 4 minggu untuk hamil. Harap diingat bahwa vaksinasi ini tidak boleh dijalani saat sedang hamil.

Selain vaksin, mencegah penularan dan penyebaran rubella juga penting. Cara-caranya meliputi:
  • Hindari kontak dengan penderita sebisa mungkin, khususnya untuk ibu hamil yang belum menerima vaksin MR atau MMR dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.
  • Pindahkan penderita ke ruangan terpisah yang jauh dari anggota keluarga.
  • Menjaga kebersihan diri, misalnya selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah bepergian, atau jika terjadi kontak dengan penderita.

Dikutip dari:

- http://www.parenting.co.id

- https://www.alodokter.com

Tags
Share
Overview Rating
Berapa penilaian Anda?

Penilaian Pemirsa

Tentang Penulis

Indra Gunawan

Pemain sepak bola dalam dunia hayalan....

Artikel Lainnya

Jawaban Kata Master Level 861 - 870

LEVEL 861  AMAT ATMA LAMA LATA MATA TALA ALAMAT LEVEL 862  TOL TON PEOT PLOT OPLET POLEN TELPON LEVEL ...

91 comments Baca Selengkapnya..

Jawaban Kata Master Level 851 - 860

LEVEL 851  KLAN LENA NEKA ENYAK KENAL KENYA KENYAL LEVEL 852  KATI KEKI KITA TEKA TEKI KETIK KETIKA LEVEL ...

91 comments Baca Selengkapnya..

Jawaban Kata Master Level 841 - 850

LEVEL 841 USAP LAMPU SAMPUL SUMPAL LEVEL 842  EKON ELOK LEGO GOLEK KEONG CENGKOL LEVEL ...

91 comments Baca Selengkapnya..

Jawaban Kata Master Level 831 - 840

LEVEL 831  IDEP TIPU TIUP DEPUTI LEVEL 832  GIAM GRAM OAGI NRIMA PRIMA RAMPING LEVEL ...

91 comments Baca Selengkapnya..

Jawaban Kata Master Level 821 - 830

LEVEL 821  KAMU UBAH KUBAH KAMBUH LEVEL 822  SERU UBER BERES REBUS SERBU BERSERU LEVEL ...

91 comments Baca Selengkapnya..

Jawaban Kata Master Level 800 - 810

LEVEL 801 TUAH TUAN TAHUN HANYUT LEVEL 802  GAG NIH INAP PAGI HUNGGA PINGGAH LEVEL ...

91 comments Baca Selengkapnya..

Jawaban Kata Master Level 791 - 800

LEVEL 791  BUNA BUANA SAUNA BUSANA LEVEL 792  EPEK PEKA PAKET PETAK TEPAK KETAPEK LEVEL ...

91 comments Baca Selengkapnya..

Jawaban Kata Master Level 761 - 770

LEVEL 761  ONS SONO GOSOK SOKONG LEVEL 762  GIGI GIRI IRIS SINI SIRI INGGRIS LEVEL ...

91 comments Baca Selengkapnya..

Jawaban Kata Master Level 751 - 760

LEVEL 751  KURA KURMA MURKA MAKMUR LEVEL 752 SASI SESI SISA SELAI SESAL SELESAI LEVEL ...

91 comments Baca Selengkapnya..

Jawaban Kata Master Level 741 - 750

LEVEL 741 AKAN KASA SANA KANVAS LEVEL 742  PUN JENU JURU URUN UNJUR PENJURU LEVEL ...

91 comments Baca Selengkapnya..

Komentar

Kategori Game

Kategori Aplikasi

APA ITU?